Skripsi ini berjudul pengaruh penugasan terhadap keterampilan siswa menginterpretasi dan mengkonstruksi grafik melalui pembelajaran kooperatif pada sub konsep sistem reproduksi manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh metode penugasan terhadap keterampilan siswa SMA dalam menginterpretasi dan mengkonstruksi grafik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada konsep sistem reproduksi manusia siswa SMA kelas XI. Metode penelitian ini adalah Quasi eksperimental dengan desain penelitian Control Group Pretes-Postes. Uji statistik menunjukkan bahwa nilai pretes keterampilan menginterpretasi kelas eksperimen tidak berbeda signifikan dengan kelas kontrol, sehingga uji statistik dilanjutkan dengan pengujian nilai postes yang menunjukkan bahwa nilai postes keterampilan menginterpretasi kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol, Z hitung = 4,34 > Z tabel = 1,96 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, Data pretes keterampilan mengkonstruksi kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol menunjukkan nilai Z hitung = 5,19 > Z tabel = 1,96 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Analisis respon kesulitan siswa dalam keterampilan menginterpretasi dan mengkonstruksi grafik dikarenakan kurangnya latihan dan bimbingan dari guru.
Kata Kunci: Penugasan, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Keterampilan menginterpretasi, Keterampilan Mengkonstruksi Grafik, Sistem Reproduksi.
Kata Kunci: Penugasan, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Keterampilan menginterpretasi, Keterampilan Mengkonstruksi Grafik, Sistem Reproduksi.
EmoticonEmoticon