Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada
materi perubahan kenampakan bulan yaitu sebesar 61, selain itu dalam
penyampaian konsep IPA yang abstrak diatasi dengan penjelasan guru
dengan bantuan media gambar saja padahal pembelajaran IPA sebaiknya
melalui proses penemuan.
Penelitian ini difokuskan pada upaya peningkatan penguasaan konsep IPA melalui penerapan model Children’s Learning in Science (CLIS). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan penguasaan konsep IPA pada kelas eksperimen melalui penerapan model CLIS dan kelas kontrol melalui penerapan model konvensional, (2) mendeskripsikan perbedaan peningkatan penguasaan konsep IPA pada kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui instrumen tes tertulis. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan Nonequvalent Control Group Design. Sampel untuk kelas eksperimen adalah SDN
download1 Download 2 Download 3
Penelitian ini difokuskan pada upaya peningkatan penguasaan konsep IPA melalui penerapan model Children’s Learning in Science (CLIS). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan penguasaan konsep IPA pada kelas eksperimen melalui penerapan model CLIS dan kelas kontrol melalui penerapan model konvensional, (2) mendeskripsikan perbedaan peningkatan penguasaan konsep IPA pada kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui instrumen tes tertulis. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan Nonequvalent Control Group Design. Sampel untuk kelas eksperimen adalah SDN
download1 Download 2 Download 3
Advertisement
EmoticonEmoticon