Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa yang belum
mencapai nilai KKM sebesar 70 khususnya pada mata pelajaran IPA dengan
materi perubahan energi gerak. Penerapan metode belajar yang tidak
optimal dan monoton diduga menjadi salah satu indikator kurangnya
keberhasilan mencapai tujuan pembelajaran.
Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mendeskripsikan rencana pembelajaran menggunakan dengan metode inkuiri pada materi perubahan energi gerak mata pelajaran IPA, mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan metode inkuiri pada materi perubahan energi gerak mata pelajaran IPA, mendeskripsikan kemampuan siswa membuat karya dengan menggunakan metode inkuiri pada materi perubahan energi gerak mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengadopsi model Kemmis & McTaggart melalui tiga siklus pembelajaran. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi keterampilan proses dan lembar penilaian produk
Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mendeskripsikan rencana pembelajaran menggunakan dengan metode inkuiri pada materi perubahan energi gerak mata pelajaran IPA, mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan metode inkuiri pada materi perubahan energi gerak mata pelajaran IPA, mendeskripsikan kemampuan siswa membuat karya dengan menggunakan metode inkuiri pada materi perubahan energi gerak mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengadopsi model Kemmis & McTaggart melalui tiga siklus pembelajaran. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi keterampilan proses dan lembar penilaian produk
Advertisement
EmoticonEmoticon