Breaking News
Loading...
Wednesday, 13 May 2015

Penelitian tindakan kelas: PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MATERI BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar khususnya materi Bilangan Bulat dianggap pelajaran yang relatif sulit karena tingkat pemahaman siswa terhadap konsep bilangan bulat masih rendah. Hal tersebut dikarenakan materi yang diajarkan tidak berusaha dihubungkan dengan “konteks” dimana pembelajaran berlangsung, sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah yang tidak sesuai dengan tahap berpikir siswa yang masih konkret.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika dengan materi Bilangan Bulat melalui penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV dengan jumlah siswa 29 orang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dengan dua kali pertemuan dalam tiap siklusnya disertai instrumen penelitian berupa tes, format observasi, dan angket.
  Download 1 Download 2 Download 3 Download 4  Download 5

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved