Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar khususnya materi Bilangan Bulat
dianggap pelajaran yang relatif sulit karena tingkat pemahaman siswa
terhadap konsep bilangan bulat masih rendah. Hal tersebut dikarenakan
materi yang diajarkan tidak berusaha dihubungkan dengan “konteks” dimana
pembelajaran berlangsung, sehingga pembelajaran menjadi kurang
bermakna. Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran hanya
menggunakan metode ceramah yang tidak sesuai dengan tahap berpikir
siswa yang masih konkret.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika dengan materi Bilangan Bulat melalui penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV dengan jumlah siswa 29 orang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dengan dua kali pertemuan dalam tiap siklusnya disertai instrumen penelitian berupa tes, format observasi, dan angket.
Download 1 Download 2 Download 3 Download 4 Download 5
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika dengan materi Bilangan Bulat melalui penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV dengan jumlah siswa 29 orang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dengan dua kali pertemuan dalam tiap siklusnya disertai instrumen penelitian berupa tes, format observasi, dan angket.
Download 1 Download 2 Download 3 Download 4 Download 5
Advertisement
EmoticonEmoticon