Breaking News
Loading...
Tuesday, 18 December 2012

PENGGUNAAN ALAT PERAGA MAKET KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA PENDIDIKAN

PENGGUNAAN ALAT PERAGA MAKET KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA PENDIDIKAN 
 Penelitian Tindakan Kelas pada Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas III SD Negeri

Dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas, seorang guru pasti menemukan banyak hal, mulai dari hal yang biasa saja sampai dengan hal yang luar biasa. Salah satu diantara permasalahan yang timbul adalah tidak digunakannya alat peraga sebagai sarana fisik untuk menyampaikan materi pelajaran sehingga hasil belajar siswa masih rendah  atau dibawah KKM yang sudah ditentukan. Berangkat dari permasalahan tersebut, seorang guru akan menjadi “kaya” dengan pengalaman mengajar. Namun dari permasalahan yang dihadapi seorang guru masih sedikit sekali yang tergerak hatinya untuk mencarikan solusi dengan melakukan penelitian. Dalam hal ini penulis mencoba untuk melakukan kegitan penelitian tersebut.

Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah mencari jawaban apakah dengan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencari jawabannya penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus dengan alur penelitian yang digunakan adalah observasi awal, refleksi awal penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, observasi tindakan dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Tugu 8 Kecamatan Cimanggis Kota Depok.

Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pada setiap siklus dan lembar observasi. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan alat peraga maket kenampakan permukaan bumi  dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar yang dicapai setelah siklus I adalah 65,1%, siklus II adalah 79%. Berdasarkan standar penilaian yang dikeluarkan Dirjen Pendidikan Tinggi bahwa nilai rata-rata hasil belajar tersebut tergolong baik.

Dari hasil penelitian tersebut diatas maka penulis berkesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena siswa menemukan sendiri konsep yang dipelajari melalui penggunaan alat peraga. Untuk itu penulis memberikan saran bahwa penggunaan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran IPA di SD dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved