MENINGKATKAN DISIPLIN PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN : Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya disiplin pada anak usia
dini yang diperlukan anak untuk perkembangan tahap selanjutnya. Masalah
yang ditemukan di kelompok B1 TK Islamiyah masih rendahnya dalam
disiplin, karena penanaman disiplin yang diterima anak di rumah ataupun
di sekolah masih kurang. Hal ini disebabkan pendidik cenderung pada
pencapaian target akademik.
Masalah tersebut menjadi alasan yang
mendasari rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana kondisi objektif disiplin
di TK belum penggunaan metode bermain peran? 2) Bagaimana
langkah-langkah penerapan metode bermain peran di kelompok B1 TK? 3) Apakah metode bermain peran dapat meningkatkan
disiplin anak kelompok B1 TK? Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah metode bermain peran dapat meningkatkan
disiplin pada anak kelompok B1 TK . Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Tindakan Kelas, yang terdiri dari:
Perencanaa,, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah
kelompok B1 TK I, yang berjumlah 17 anak. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Download 1 Download 2 Download 3
Advertisement
EmoticonEmoticon