Breaking News
Loading...
Sunday, 3 May 2015

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA : Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Bangun Ruang di Kelas VA


Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VA SDN 2 Cibodas. Hal tersebut terbukti dari hasil Ujian Tengah Semester (UTS), hampir sebagian besar siswa mendapatkan hasil di bawah KKM matematika. Hanya 38,88 % dari 36 siswa yang memperoleh hasil di atas KKM. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua tindakan. Pada setiap siklus, siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunanakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, catatan lapangan dan tes akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. 

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved