Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan 
masalah matematis siswa kelas VA SDN 2 Cibodas. Hal tersebut terbukti 
dari hasil Ujian Tengah Semester (UTS), hampir sebagian besar siswa 
mendapatkan hasil di bawah KKM matematika. Hanya 38,88 % dari 36 siswa 
yang memperoleh hasil di atas KKM. Dilakukannya penelitian ini bertujuan
 untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran 
serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada 
materi bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
 think pair square. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Tindakan dilaksanakan dalam 
tiga siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua tindakan. Pada setiap 
siklus, siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan 
pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunanakan dalam 
penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, catatan 
lapangan dan tes akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 
kualitatif dan kuantitatif.  
Advertisement
EmoticonEmoticon