Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa kelas VA SDN 2 Cibodas. Hal tersebut terbukti
dari hasil Ujian Tengah Semester (UTS), hampir sebagian besar siswa
mendapatkan hasil di bawah KKM matematika. Hanya 38,88 % dari 36 siswa
yang memperoleh hasil di atas KKM. Dilakukannya penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada
materi bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
think pair square. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Tindakan dilaksanakan dalam
tiga siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua tindakan. Pada setiap
siklus, siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunanakan dalam
penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, catatan
lapangan dan tes akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
kualitatif dan kuantitatif.
Advertisement
EmoticonEmoticon