Penelitian ini bertujuan untuk mandeskripsikan hal-hal yang berkaitan
dengan metode eksperimen dalam memecahkan permasalahan sehari-hari dan
menambah pengalaman belajar siswa kelas IV SD.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart dengan dua
siklus, yang setiap siklusnya dilaksanakan terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa, tes hasil belajar,
lembar observasi, dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
IV semester II SD Kartika X-3 Parongpong yang berjumlah 23 siswa. Metode
pembelajaran yang digunakan adalah metode ekpserimen, yang terdiri dari
dua tahap pembelajran yakni tahap perencanaan yang meliputi kegiatan
menerangkan metode eksperimen, membicarakan terlebih dahulu
permasalahan yang dapat diangkat, menetapkan alat-alat yang
diperlukan, menentukan langkah-langkah apa saja yang perlu dicatat dan
variabel-variabel yang harus dikontrol, dan tahap pelaksanaanyang
meliputi melaksanakan pembelajaran dengan metode eksperimen,
mengumpulkan laporan, memproses kegiatan dan mengadakan tes untuk
menguji pemahaman siswa. Berdasarkan analisis dan refleksi yang
dilaksanakan dalam dua siklus, dengan penerapan metode eksperimen maka
hasil temuan pertama, ternyata Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang
digunakan pada siklus pertama dan siklus kedua dapat dijadikan
rambu-rambu bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan
metode eksperimen dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran materi energi
panas dan energi bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar dengan
menggunakan metode eksperimen
Advertisement
EmoticonEmoticon