Breaking News
Loading...
Thursday, 3 January 2013

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 
  1. (1) peningkatan kemampuan generalisasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan pemecahan masalah lebih baik daripada kemampuan generalisasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah; 
  2. (2) kualitas peningkatan kemampuan generalisasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibanding-kan dengan siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran pemecahan masalah; dan 
  3. (3) respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan pemecahan masalah. Hipotesis yang diuji adalah Peningkatan kemampuan generalisasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan pemecahan masalah lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah. 

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 38 Bandung kelas VII tahun ajaran 2010/2011, dengan sampel penelitian kelas VII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes awal (pretes) dan tes akhir (postes), angket skala sikap, lembar observasi dan jurnal harian siswa. 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa:
  1. (1) Kemampuan generalisasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan masalah lebih baik dibandingkan kemampuan generalisasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah; 
  2. (2) Kualitas peningkatan kemampuan generalisasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan pemecahan masalah tergolong sedang sedangkan kualitas peningkatan kemampuan generalisasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah tergolong rendah; 
  3. (3) Pada umumnya siswa merespon positif terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan pemecahan masalah.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, kemampuan generalisasi matematis, pendekatan pemecahan masalah

Sebelum Download Baca Cara Download










0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved