IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN
MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan Motivasi Belajar
Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK dengan
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS),
(2) mengetahui respon siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta
terhadap Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair
Share (TPS).
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan
dalam bentuk partisipatif dan kolaboratif selama dua siklus. Tiap siklus
terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif dan
angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kuantitatif dengan persentase perolehan skor Motivasi Belajar Akuntansi
dengan skor maksimal kemudian dipersentasekan, lalu hasil tersebut
disajikan dalam tabel dan grafik dan terakhir penarikan kesimpulan.
Download
Download
Advertisement
EmoticonEmoticon