Breaking News
Loading...
Tuesday, 21 May 2013

KONTRIBUSI KEGIATAN KEMAHASISWAAN TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ARSITEKTUR

Penelitian ini berangkat dari adanya pertanyaan tentang sejauh mana kegiatan kemahasiswaan di JPTA – UPI dapat mendukung motivasi berprestasi mahasiswa JPTA – UPI dimana korelasi antar kedua variabel ini belum jelas terlihat. Atas dasar permasalahan tersebut maka tujuan dibuatnya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kegiatan kemahasiswaan terhadap motivasi berprestasi mahasiswa JPTA – UPI

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif korelasional dengan populasi mahasiswa JPTA-UPI yang aktif di kegiatan kemahasiswaan. Pengumpulan data untuk setiap variabel menggunakan angket yang telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas agar angket tersebut layak digunakan sebagai instrumen penelitian. Kemudian angket tersebut dibagikan kepada sejumlah sampel penelitian yang telah ditentukan.

Setelah data dari kedua variabel terkumpul, maka dilakukan berbagai macam perhitungan secara statistik untuk dapat menjawab permasalahan penelitian. Penghitungan dan pengujian yang dilakukan diantaranya ialah uji normalitas, melalui uji normalitas didapatkan salah satu variabel tidak berdistribusi normal dan penelitian dilanjutkan dengan menghitung korelasi kedua variabel dengan menggunakan rumus Spearman Rank. Dari hasil penghitungan tersebut didapatkan hasil koefisien korelasi yang termasuk ke dalam kategori kuat, angka hasil uji korelasi tersebut digunakan kembali untuk menghitung besaran koefisien determinasi untuk mengetahui berapa besar kegiatan kemahasiswaan memberi kontribusi pada motivasi berprestasi.

Dari hasil penghitungan tersebut didapatkan hasil yang menyatakan kegiatan kemahasiswaan berkontribusi sebesar 53% terhadap motivasi berprestasi mahasiswa JPTA-UPI. Hasil penelitian ini dapat menjawab rumusan masalah pada penelitian ini, dimana hasil penghitungan statistik menyatakan bahwa kegiatan kemahasiswaan pada JPTA-UPI termasuk kedalam kategori baik, begitu pula dengan motivasi berprestasi mahasiswa JPTA-UPI juga berada dalam kriteria baik.

Secara keseluruhan, hasil penelitian ini membuahkan kesimpulan bahwa “Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara kegiatan kemahasiswaan terhadap motivasi berprestasi mahasiswa JPTA – UPI“.

Sebelum Download Baca Cara Download






0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved