Breaking News
Loading...
Friday, 1 May 2015

PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI KENAMPAKAN BULAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai ulangan mata pelajaran IPA di kelas IV yaitu sebanyak 65% siswa mendapatkan nilai dibawah nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran masih cenderung masih menggunakan metode ceramah, selain itu sumber informasi hanya bergantung pada buku paket IPA. Penelitian ini ditujukan pada penerapan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran IPA materi kedudukan bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart dengan tiga siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan satu tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester II SDN  yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran IPA menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran, terlihat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, nilai siswa dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan.

Kata kunci : konstruktivisme, hasil belajar.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved