Breaking News
Loading...
Friday, 1 May 2015

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL: Penelitian Tindakan Kelas di SDN

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang pencapaiannya hanya 4 siswa yang terampil berbicara yang disebabkan oleh siswa yang terbiasa memakai bahasa ibunya dan malu-malu untuk berbicara di depan kelas. Selain itu, guru sering menggunakan metode yang kurang sesuai dengan materi sehingga tidak merangsang keterampilan berbicara siswa.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang ingin dicapai ialah, (1) perencanan pembelajaran Bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual melalui Metode Role Playing di kelas V SDN I , (2) pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual melalui penerapan Metode Role Playing di kelas V SDN I Sukanagara, (3) peningkatan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi mengomentari pesoalan faktual melalui penerapan Metode Role Playing di kelas V SDN I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengadaptasi model Kemmis&Mc Taggart dengan jumlah tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN  dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa. Instrument yang digunakan adalah berupa perfomant tes dan lembar observasi.

 Download 1 Download 2 Download 3 Download 4  Download 5

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved