Penelitian ini dilaksanakan di SDN di kelas VB semester 2 dengan jumlah siswa 36 orang, dilatar belakangi oleh rendahnya nilai UTS siswa kelas VB semester 2, kesulitan siswa untuk menyelesaikan soal cerita dikarenakan sudah tertanam anggapan bahwa matematika adalah hal yang sulit dan menakutkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan menganai pembelajaran Matematika dengan model Cooperative Learning tipe Team Pair Solo serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bilangan pecahan dengan model Cooperative Learning tipe Team Pair Solo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan yang ditemukan yaitu perencanaan pembelajaran yang dibuat sesuai dengan yang dilaksanakan dalam pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan lancar dan kondusif, serta terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bilangan pecahan selama penelitian berlangsung. Rekomendasi untuk guru dan untuk peneliti selanjutnya agar penelitian mengenai model Cooperative Learning tipe Team Pair Solo ini dilanjutkan pada pelajaran atau materi lain.
Kata Kunci : model Cooperative Learning tipe Team Pair Solo, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Bilangan Pecahan
Download 1 Download 2 Download 3 Download 4 Download 5
Kata Kunci : model Cooperative Learning tipe Team Pair Solo, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Bilangan Pecahan
Download 1 Download 2 Download 3 Download 4 Download 5
Advertisement
EmoticonEmoticon