Breaking News
Loading...
Friday, 1 May 2015

KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI KONSEP ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan kognitif siswa dalam pelajaran IPA materi konsep energi. Dari penelitian sebelumnya, peneliti lebih banyak menitik beratkan pada pengukuran hasil belajar siswa bukan pada kemampuan kognitif walaupun pada pelaksanaannya guru hanya mengukur kemampuan kognitif tanpa pengukuran terhadap kemampuan afektif dan psikomotor siswa. Selain itu guru di sekolah dasar hanya mengukur kemampuan kognitif pada jenjang mengingat, memahami dan mengaplikasikan saja bukan diukur hingga enam jenjang kemampuan kognitif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1) memperoleh gambaran profil kemampuan kognitif siswa sekolah dasar dari jenjang terendah,yaitu mengingat hingga jenjang tertinggi yaitu membuat, 2) mengukur kemampuan penguasaan konsep siswa terhadap materi konsep energi melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match, dan 3) mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini berupa deskriptif.



0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved