Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan kognitif
siswa dalam pelajaran IPA materi konsep energi. Dari penelitian
sebelumnya, peneliti lebih banyak menitik beratkan pada pengukuran hasil
belajar siswa bukan pada kemampuan kognitif walaupun pada
pelaksanaannya guru hanya mengukur kemampuan kognitif tanpa pengukuran
terhadap kemampuan afektif dan psikomotor siswa. Selain itu guru di
sekolah dasar hanya mengukur kemampuan kognitif pada jenjang mengingat,
memahami dan mengaplikasikan saja bukan diukur hingga enam jenjang
kemampuan kognitif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1)
memperoleh gambaran profil kemampuan kognitif siswa sekolah dasar dari
jenjang terendah,yaitu mengingat hingga jenjang tertinggi yaitu membuat,
2) mengukur kemampuan penguasaan konsep siswa terhadap materi konsep
energi melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match, dan 3)
mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe make a
match. Penelitian ini berupa deskriptif.
Advertisement
EmoticonEmoticon