PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SIFAT – SIFAT CAHAYA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil kajian dan pengamatan
langsung di kelas V SDN yang menunjukkan bahwa pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada umumnya disampaikan melalui metode
yang kurang inovatif dan masih berpusat pada guru. Selain itu nilai yang
dicapai siswa pada pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya masih
rendah. Hal tersebut ditandai dengan 50% siswa belum mencapai nilai KKM
yaitu 65 dan rata-rata kelas 57,5. Salah satu pendekatan yang dapat
dijadikan alternatif adalah pendekatan inkuiri karena siswa dituntut
aktif dan berpikir kritis untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.
Pendekatan seperti ini lebih bermakna daripada hanya mendengarkan
ceramah dari gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi
sifat-sifat cahaya setelah menerapkan pendekatan inkuiri. Metode yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengadaptasi model
Kemmis & Mc. Taggart dengan dua siklus dan masing-masing satu
tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN yang berjumlah 26 orang.
Advertisement
EmoticonEmoticon