Breaking News
Loading...
Sunday, 3 May 2015

PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SIFAT – SIFAT CAHAYA

PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SIFAT – SIFAT CAHAYA 

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil kajian dan pengamatan langsung di kelas V SDN  yang menunjukkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada umumnya disampaikan melalui metode yang kurang inovatif dan masih berpusat pada guru. Selain itu nilai yang dicapai siswa pada pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya masih rendah. Hal tersebut ditandai dengan 50% siswa belum mencapai nilai KKM yaitu 65 dan rata-rata kelas 57,5. Salah satu pendekatan yang dapat dijadikan alternatif adalah pendekatan inkuiri karena siswa dituntut aktif dan berpikir kritis untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Pendekatan seperti ini lebih bermakna daripada hanya mendengarkan ceramah dari gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya setelah menerapkan pendekatan inkuiri. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart dengan dua siklus dan masing-masing satu tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN yang berjumlah 26 orang.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved