Breaking News
Loading...
Sunday, 3 May 2015

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM :Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM :Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran IPA yang diperoleh dari siswa kelas IV SDN 2 . Hal ini diakibatkan karena pembelajaran konvensional yang kurang efektif dan selalu berpusat pada guru mengakibatkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa kurang dari KKM. Peneliti tertarik untuk mengungkap upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Project Based Learning pada siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPA materi sumber daya alam di SDN 2 . Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 2 yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan lembar observasi. Penelitian ini dapat memperoleh gambaran mengenai perencanaan pemebalajaran, mengungkap pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Dalam pelaksanaannya penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved