IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM
:Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa pada mata
pelajaran IPA yang diperoleh dari siswa kelas IV SDN 2 . Hal ini
diakibatkan karena pembelajaran konvensional yang kurang efektif dan
selalu berpusat pada guru mengakibatkan nilai rata-rata yang diperoleh
siswa kurang dari KKM. Peneliti tertarik untuk mengungkap upaya
meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Project Based Learning
pada siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPA materi sumber daya alam di
SDN 2 . Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 2
yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar tes dan lembar observasi. Penelitian ini
dapat memperoleh gambaran mengenai perencanaan pemebalajaran, mengungkap
pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc
Taggart. Dalam pelaksanaannya penelitian ini terdiri dari empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Advertisement
EmoticonEmoticon