PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SEMESTER 2

- 09:23
advertise here
ads 2345
 PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SEMESTER 2

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPA pada materi pokok daur air di kelas V SDN. Hal tersebut ditandai dengan perolehan nilai rata-rata siswa 54,93 padahal target yang diharapkan adalah 62, persentasi siswa yang mencapai KKM hanya sebesar 28%, dan pembelajaran bersifat klasikal hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini ditujukan untuk menerapkan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Peristiwa Alam. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mendeskripsikan tentang (1) perencanaan pembelajaran mata pelajara IPA materi peristiwa alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan inkuiri; (2 pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan inkuiri; (3) peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi Peristiwa Alam melalui pendekatan inkuiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis Mc. Taggart dengan tiga siklus.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search