PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT DALAM BERNEGOSIASI : Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X Sosial 2 SMA

- 11:40
advertise here

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT DALAM BERNEGOSIASI : Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X Sosial 2 SMA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran berbicara yang terjadi pada siswa kelas X Sosial 2 SMA Negeri 1 . Siswa kelas X Sosial 2 mengalami kesulitan mengungkapkan pendapat ketika berbicara di depan umum. Siswa masih merasa kesulitan pada penyusunan kosakata dan struktur kata dalam berbicara. Siswa memerlukan model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan ketika berbicara di depan kelas. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dianggap mampu menjadi alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran mengungkapkan pendapat dalam bernegosiasi menggunakan model PBM, (2) pelaksanaan pembelajaran mengungkapkan pendapat dalam bernegosiasi menggunakan PBM, dan (3) hasil pembelajaran mengungkapkan pendapat dalam bernegosiasi menggunakan model PBM.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran mengungkapkan pendapat dalam bernegosiasi menggunakan model PBM, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model PBM, dan (3) hasil pembelajaran menggunakan model PBM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
 Download 1 Download 2 Download 3 Download 4  Download 5
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search