Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar
peserta didik pada pembelajaran IPS melalui penerapan metode
pembelajaran Course Review Horay di kelas VIII F SMP Negeri 1 karena motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS
masih rendah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom
Action Research (CAR). Subjek penelitian peserta didik kelas VIII F SMP
Negeri dengan jumlah 32 orang. Penelitian dilakukan secara
kolaborasi.
Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode, sumber, dan teori. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini dikatakan berhasil jika persentase motivasi belajar mencapai 75%. download link
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode, sumber, dan teori. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini dikatakan berhasil jika persentase motivasi belajar mencapai 75%. download link
Advertisement
EmoticonEmoticon