PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV
Penelitian ini dilatarbelakangi karena beberapa permasalahan siswa dalam
menulis karangan. Hal ini didasarkan pada hasil observasi awal yang
menunjukkan bahwa siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran
menulis, siswa memiliki kesulitan dalam mengungkapkan ide/gagasan serta
belum dapat menggunakan ejaan dengan tepat. Untuk menjawab hal tersebut,
dilakukan penelitian tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
yang sejalan dengan tujuan pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan
yaitu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan
menerapkan model concept sentence.
Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah: (1) mengungkapkan perencanaan pembelajaran
concept sentence pada materi menulis karangan narasi, (2) mengungkapkan
pelaksanaan penerapan model concept sentence pada materi menulis
karangan narasi, dan (3) mengungkapkan peningkatan hasil belajar siswa
setelah menerapkan model concept sentence pada materi menulis karangan
narasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
diadaptasi dari model Kemmis dan Mc. Taggart. Oleh karena itu,
penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan. Setiap tahapan terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini
dilakukan dalam tiga siklus.
Advertisement
EmoticonEmoticon