Breaking News
Loading...
Wednesday, 6 May 2015

PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV

PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV

 Penelitian ini dilatarbelakangi karena beberapa permasalahan siswa dalam menulis karangan. Hal ini didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran menulis, siswa memiliki kesulitan dalam mengungkapkan ide/gagasan serta belum dapat menggunakan ejaan dengan tepat. Untuk menjawab hal tersebut, dilakukan penelitian tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang sejalan dengan tujuan pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menerapkan model concept sentence. 

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) mengungkapkan perencanaan pembelajaran concept sentence pada materi menulis karangan narasi, (2) mengungkapkan pelaksanaan penerapan model concept sentence pada materi menulis karangan narasi, dan (3) mengungkapkan peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model concept sentence pada materi menulis karangan narasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diadaptasi dari model Kemmis dan Mc. Taggart. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan. Setiap tahapan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. 
 Download 1 Download 2 Download 3 Download 4  Download 5

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved