Breaking News
Loading...
Thursday, 7 May 2015

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PERKALIAN MELALUI METODE DISCOVERY

Kemampuan pemahaman operasi hitung perkalian adalah salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika, memberikan pengertian bahwa materi-materi yang diajarkan kepada siswa bukan hanya sebagai hafalan, namun lebih dari itu pemahaman siswa akan konsep materi pelajaran itu sendiri. Hasil kajian dan pengamatan di kelas IV SDN , menunjukkan bahwa pembelajaran operasi hitung perkalian pada umumnya disajikan secara verbal melalui ceramah sehingga siswa merasa bosan dan jenuh untuk mengikuti proses pembelajaran.

Hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas belajar siswa yang berakibat pada hasil belajar yang mereka peroleh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran operasi hitung perkalian melalui penggunaan metode discovery di SDN  Kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan terdiri dari: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, observasi, dan refleksi. Peneliti dalam PTK ini berkolaborasi dengan teman sejawat dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 35 siswa.
 Download 1 Download 2 Download 3 Download 4  Download 5

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved