Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil ulangan
matematika pada materi pokok perkalian. Hal ini ditandai dengan
pencapaian Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh
sekolah dengan nilai 65 yang hanya mencapai 25%, padahal dari gugus
kecamatan buah batu kriteria ketuntasan minimal siswa dikatakan cukup
apabila mencapai 70%. Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran
masih bersifat konvensional yaitu hanya menggunakan metode ceramah.
Penelitian ini difokuskan pada penggunaan media stik es cream untuk
meningkatkan keterampilan perkalian bilangan cacah.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mengungkap perencanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media stik es cream terhadap siswa kelas IV (2) mengungkap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media stik es cream terhadap siswa kelas IV dan (3) mengungkap peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media stik es cream. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi Kurt Lewin dengan tiga siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan satu tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester I SDN yang berjumlah 49 siswa.
Download 1 Download 2 Download 3 Download 4 Download 5
Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mengungkap perencanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media stik es cream terhadap siswa kelas IV (2) mengungkap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media stik es cream terhadap siswa kelas IV dan (3) mengungkap peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media stik es cream. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi Kurt Lewin dengan tiga siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan satu tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester I SDN yang berjumlah 49 siswa.
Download 1 Download 2 Download 3 Download 4 Download 5
Advertisement
EmoticonEmoticon