Breaking News
Loading...
Monday, 4 May 2015

Penelitian Tindakan Kelas: PENGGUNAAN MEDIA STIK ES CREAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERKALIAN BILANGAN CACAH

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil ulangan matematika pada materi pokok perkalian. Hal ini ditandai dengan pencapaian Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah dengan nilai 65 yang hanya mencapai 25%, padahal dari gugus kecamatan buah batu kriteria ketuntasan minimal siswa dikatakan cukup apabila mencapai 70%. Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran masih bersifat konvensional yaitu hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan media stik es cream untuk meningkatkan keterampilan perkalian bilangan cacah.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mengungkap perencanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media stik es cream terhadap siswa kelas IV (2) mengungkap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media stik es cream terhadap siswa kelas IV dan (3) mengungkap peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media stik es cream. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi Kurt Lewin  dengan tiga siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan satu tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester I SDN yang berjumlah 49 siswa.

  Download 1 Download 2 Download 3 Download 4  Download 5



0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved