Penelitian Tindakan Kelas: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG BENDA DAN SIFATNYA DENGAN PENERAPAN METODE INQUIRI DI KELAS IV

- 11:10
advertise here
ads 2345
Latar belakang penelitian ini adalah Dalam belajar IPA siswa kelas IV terlihat kurangnya minat Siswa. Siswa cenderung diam sehingga tidak terjadi suasana belajar yang aktif. Hal ini mengakibatkan nilai sebagian besar siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran IPA di SDN  yakni 65. Dari 40 siswa, 16 orang mendapatkan nilai 65-100 atau 40% dan sisanya yaitu 24 orang siswa mendapat nilai di bawah 65 atau atau 60%.

 Penelitian Tindakan Kelas: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG BENDA DAN SIFATNYA DENGAN PENERAPAN METODE INQUIRI DI KELAS IV
Berdasarkan permasalahan diatas maka, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode inquiri untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa Sekolah Dasar pada mata pelajaran IPA adapun secara khusus yaitu Bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran, bagaimanakah pelaksanaan, dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA untuk materi benda dan sifatnya di kelas IV SDN  dengan penerapan metode inquiri. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan pembelajaran, bagaimana pelaksanaan serta hasil belajar siswa setelah penerapan metode inquiri. Metode Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action) dengan model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mctaggart. Teknik pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data Obervasi meliputi Kesimpulan. Tes dengan bentuk essay.

  Download 1 Download 2 Download 3 Download 4  Download 5

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search