Breaking News
Loading...
Monday, 4 May 2015

PENGGUNAAN CATATAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK PERISTIWA ALAM : Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V

Penggunaan catatan mind map untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dimaksudkan sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah di kelas agar pembelajaran IPA dapat berjalan sebagaimana mestinya, terutama di kelas V SDN Barunagri Lembang. Sehingga tidak ditemukan lagi permasalahan pada saat berlangsungnya pembelajaran, permasalahan tersebut antara lain disebabkan karena guru hanya menerapkan metode ceramah saja sehingga pembelajaran terkesan monoton. Hal ini berdampak pada rata-rata nilai hasil belajar siswa yang masih belum memenuhi standar KKM yang telah ditetapkan yaitu 68. Sehingga, perlu adanya perubahan dalam pembelajaran di kelas. Salah satunya dengan menggunakan catatan mind map.

PENGGUNAAN CATATAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK PERISTIWA ALAM : Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V
Mind map merupakan teknik mencatat kreatif bagi siswa yang mengolaborasikan antara unsur gambar, garis, simbol, warna, dan kata. Teknik mencatat ini dirancang untuk mengaktifkan kinerja otak kiri dan kanan sehingga siswa akan lebih mudah mengingat informasi yang dipelajari. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran dan nilai hasil belajar siswa diharapkan dapat meningkat. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart dimana kegiatan observasi dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri atas kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

  Download 1 Download 2 Download 3 Download 4  Download 5

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved