Penelitian ini berjudul upaya meningkatka hasil belajar siswa melalui
penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) tentang
sifat-sifat benda pada pembelajaran IPA. Berdasarkan pengalaman
sehari-hari dalam kegiatan pembelajaran IPA, aktivitas belajar sebagian
besar siswa masih rendah dan kurang optimal seperti kurang memperhatikan
guru pada saat menerangkan, tidak cepat tanggap terhadap materi yang
disampaikan guru atau lebih cenderung acuh terhadap materi pelajaran
yang disampaikan guru. Untuk itu dilakukan penelitian yang difokuskan
pada situasi kelas yang lebih dikenal dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN.
Subjek penelitian merupakan siswa kelas IV dengan jumlah siswa 27 orang, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 17 orang siswi perempuan. secara umum penelitian bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) tentang sifat-sifat benda pada mata pelajaran IPA. Sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kontekstual dengan tekhnik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi guru dan siswa, catatan lapangan dan lembar evaluasi.
Subjek penelitian merupakan siswa kelas IV dengan jumlah siswa 27 orang, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 17 orang siswi perempuan. secara umum penelitian bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) tentang sifat-sifat benda pada mata pelajaran IPA. Sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kontekstual dengan tekhnik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi guru dan siswa, catatan lapangan dan lembar evaluasi.
Advertisement
EmoticonEmoticon