PROGRAM BIMBINGAN KARIER BERDASARKAN
PENDEKATAN MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN
PEMBUATAN KEPUTUSAN KARIER
Penelitian didasari oleh isu pembuatan keputusan karier, dimana untuk
mencapai kehidupan karier yang sukses, dibutuhkan pengambilan keputusan
karier yang tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan
program bimbingan karier berdasarkan pendekatan Myers-Briggs Type
Indicator yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pembuatan keputusan
karier peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 . Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP
Negeri 1 . Pendekatan
penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen
kuasi dan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group
design. Sampel penelitian terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok
eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan menggunakan angket
tertutup skala model likert. Teknik analisis data menggunakan statistik
parametrik untuk mengukur uji beda dua rata-rata berpasangan dengan
bantuan microsotf excell 2010 for windows dan SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian ini adalah: 1) profil umum kemampuan pembuatan
keputusan karier kelas X SMP Negeri 1 ; 2) rumusan
program bimbingan karier yang layak menurut pakar yang terdiri dari
rasional, deskripsi kebutuhan, tujuan program, sasaran program, komponen
program, rencana operasional, pengembangan tema, langkah-langkah
layanan dan evaluasi; 3) Program bimbingan karier berdasarkan pendekatan
Myers-Briggs Type Indicator efektif untuk meningkatkan kemampuan
pembuatan keputusan karier peserta didik. Rekomendasi penelitian ini
ditujukan kepada kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling dan
peneliti selanjutnya.
Kata Kunci: Kemampuan Pembuatan Keputusan Karier, Program Bimbingan
Karier
Advertisement
EmoticonEmoticon