Dalam proses pembelajaran anak kurang termotivasi dan banyak anak yang
tidak memperhatikan karena bermain sendiri. Hal ini di sebabkan oleh
faktor proses pembelajaran yang tidak relevan dan menarik bagi anak,
karena guru belum menggunakan metode pembelajaran dan media yang cocok,
dalam pelaksanaannya cenderung secara klasikal juga masih berpusat pada
guru, tanpa melibatkan anak secara aktif dan tanpa memperhatikan
kemampuan dasar siswa yang dimilikinya baik dari segi pengetahuan, sikap
dan keterampilannya. Akibatnya anak kurang aktif dan hasilnyapun kurang
memuaskan
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam
meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Media yang diterapkan dalam
pembelajaran ini adalah media gambar. Penelitian ini merupakan relevansi
dari peneliti sebelumnya, dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada
anak dengan media gambar. Setelah melaksanakan pembelajaran dengan
menggunakan media gambar kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan
baik proses pembelajaran maupun perolehan hasil belajar.
Sebagai implementasinya, dilakukan penelitian tindakan kelas pada
proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan
media gambar. Teknik pengumpulan data penelitian dilaksanakan dengan
menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan,
lembar observasi, lembar evaluasi, dan kamera. Data yang diperoleh
dianalisis dan direfleksi dengan menggunakan metode deskripsi
kualitatif.
Advertisement
EmoticonEmoticon