Breaking News
Loading...
Wednesday, 6 May 2015

SEKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TPS DENGAN PEDEKATAN CTL PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Manakah yang lebih baik prestasi belajarnya, siswa yang diberi pembelajaran TPS (Think Pair Share ) CTL, model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions), atau pembelajaran langsung. (2) Manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik, gaya belajar visual atau gaya belajar auditorial. (3) Pada masing-masing gaya belajar, manakah yang lebih baik prestasi belajarnya, siswa yang diberi pembelajaran TPS (Think Pair Share ) dengan pendekatan CTL, model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan pendekatan CTL, atau pembelajaran langsung. (4) Pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik, gaya belajar visual atau gaya belajar auditorial. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten  tahun pelajaran 2012/2013.

Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Stratified cluster random sampling, terpilih tiga sekolah yaitu SMP Negeri....... Diperoleh sampel berukuran 304 siswa, dengan rincian 103 pada kelas eksperimen satu, 101 pada kelas eksperimen dua dan 100 pada kelas eksperimen tiga. Teknik pengumpulan data meliputi metode dokumentasi untuk mencari data kemampuan awal berupa nilai UTS, metode tes untuk tes prestasi belajar matematika sistem persamaan linear dua variabel, serta metode angket untuk mengetahui gaya belajar siswa. Uji coba instrumen tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Uji coba instrumen angket meliputi validitas isi, konsistensi internal dan reliabilitas. Uji keseimbangan terhadap tiga kelompok sampel menggunakan uji F. Uji prasyarat dilakukan dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah anava dua jalan 3x3 dengan sel tak sama.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved