Berawal dari temuan di lapangan, rendahnya hasil evaluasi mata pelajaran
bahasa Indonesia di sekolah dasar. Dengan hal ini diketahui bahwa
pembelajaran menulis siswa masih dalam kondisi memprihatinkan. Hal ini
dapat terlihat dari proses pembelajaran siswa yang masing menganggap
bahwa proses pembelajaraan menulis itu sangat menyulitkan. Hal ini
terjadi karena kurangnya pemberian pembelajaran yang intensif dan
pemberian media yang kurang menarik siswa dalam proses pembelajaran
menulis. Sehingga pembelajaran tersebut menjadi membosankan dan
kurangnya motivasi belajar siswa. Menulis karangan merupakan salah satu
kemampuan atau kemahiran yang harus dikuasai dan dimiliki seseorang
dengan mengungkapkan ide atau gagasan dari sebuah pemikiran yang
dituangkan kedalam sebuah tulisan dengan menggunakan tata bahasa
sehingga menghasilkan tulisan yang jelas dan dapat dibaca. Awal
perencanaan pembelajaan dirancang dengan sangat teliti, sehingga dalam
pelaksanaan proses pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa sangat
menarik dan hasil dari proses pembelajaran tersebut sangat memuaskan
dengan perolehan nilai setiap siklusnya meningkat melebihi nilai KKM.
Prosedur penelitian ini dilakukan dengan tigas siklus, setiap siklusnya
dilakukan dengan empat tahap, yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3)
Observasi dan 4) Refleksi. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas belajar
siswa meningkat sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan
dalam mendeskripsikan rencana pembelajaran menulis karangan deskripsi
dengan menggunakan media audio visual yang dilakukan dengan berbagai
tahap sebagai berikut: memahami pengertian dari karangan deskripsi,
pengamatan sebuah objek, pembuatan tema dan judul karangan, pembentukan
kerangka karangan, pengembangan kerangka karangan dan merefisi hasil
karangan. Proses pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman
siswa tentang pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan
menggunakan media audio visul dalam pembelajaran bahasa Indonesia di
kelas V SDN
Download 1 Download 2 Download 3 Download 4 Download 5
Download 1 Download 2 Download 3 Download 4 Download 5
Advertisement
EmoticonEmoticon