MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK ASPEK MENULIS MELALUI MEDIA LILIN:
Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian ini dilatar belakangi oleh timbulnya permasalahan yang
terjadi di TK tentang keterampilan motorik halus
anak khususnya kelas B2. Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa
permasalahan terjadi karena kurangnya latihan keterampilan-keterampilan
motorik halus, media yang kurang bervariatif yang melibatkan
gerakan-gerakan otot-otot halus anak. Hasil observasi awal menunjukkan
keterampilan motorik halus anak belum tercapai maksimal terbukti ketika
guru memberikan kegiatan keterampilan motorik halus kepada anak-anak
masih banyak anak yang membutuhkan bantuan dari guru dan hasil dari
kegiatan motorik halus anak belum optimal.
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui (1) bagaimana kondisi objektif keterampilan motorik
halus anak di TK Kartika sebelum menggunakan media lilin, (2) bagaimana
penerapan kegiatan dengan media lilin untuk meningkatkan keterampilan
motorik halus anak di TK Kartika, (3) bagaimana peningkatan keterampilan
motorik halus anak di TK Kartika setelah menggunakan media lilin. Untuk
itu penulis melakukan penelitian dalam meningkatakan keterampilan
motorik halus anak TK Kartika melalui media lilin dengan asumsi kegiatan
ini dapat menjadi kegiatan pembelajaran yang menarik untuk
meningkatakan keterampilan motorik halus anak. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
sampel kelompok B2 TK KAD yang berjumlah 18 anak. Download 1 Download 2 Download 3
Advertisement
EmoticonEmoticon