Breaking News
Loading...
Wednesday, 29 April 2015

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TENTANG STRUKTUR TUMBUHAN DI KELAS IV SDN

Denganpenelitianini dilatar belakangi kenyataan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajran IPA belum mencapai KKM. Ini terjadi karena proses pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah. Akibatnyaproses pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar IPA yaitu dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme.

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, muncul benerapa persoalan yaitu: 1). Bagimana RPP yang harus dikembangkansesuai dengan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran struktur tumbuhan? 2). Bagaimana aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran mengenai struktur tumbuhan melalui pendekatan konstruktivisme? 3). Bagaimana hasil belajar siswa yang diperoleh pada struktur tumbuhan melalui pendekatan konstruktivisme?. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa kelss IV SDN 2 Jati melalui pendekatan konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 langkah dengan menggunakan model yang dikembangkan Kemmis dan Mc. Targar yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai alat pengumpul data adalah pedoman observasi, lembar kerja siswa (LKS). Perencanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme harus disusun secara cermat berdasarkan ciri khusus melalui tahapan-tahapan apersepsi, eksplorasi, diskusi dan penjelasan konsep, pengembangan dan aplikasi konsep.

Adapun pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme guru berperan sebagai fasilitator atau pembimbing. Sedangkan hasil belajar siswa menujukan adanya peningkatan yaitu: Pada siklus I nilai rata-rata siswa 73,0 dengan persentase yang mencapai KKM 83,33% sedangkan pada siklus II perolehan nilai rata-rata siswa 81.33 dengan persentase yang mencapai KKM 93,33% . Sebelum melaksanakan pembelajaran hendaknya siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan konsepsi terhadap materi yang akan dipelajari. Hal tersebut membuktikan bahwa peningkatan nilai Dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa dan perentasi KKM memuaskan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme tentang struktur tumbuhan dapat meningkatkan hasi belajar siswa.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved