Breaking News
Loading...
Wednesday, 29 April 2015

PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENUMBUHKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS

 PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENUMBUHKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 . Hasil Observasi menunjukkan bahwa adanya permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas, beberapa permasalahan itu rendahnya kecerdasan interpersonal siswa, dan proses pembelajaran yang monoton. Dengan beberapa permasalahan tersebut, peneliti memberikan solusi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, yaitu menerapkan metode Numbered Heads Together (NHT). Pengambilan metode ini juga dilatarbelakangi oleh kajian pustaka yang dilakukan peneliti. Dikatakan bahwa metode NHT dapat membuat siswa bekerjasama dengan baik, melatih tanggung jawab, saling membantu satu sama lain, beriteraksi, memiliki kepekaan sosial, dan dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana merencanakan dan melakukan metode NHT dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa, kendala yang dihadapi dan upaya apa yang dilakukan untuk menyelesaikan kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadopsi dari Hopkins. Penelitian ini terdiri dari empat siklus yang mencakup empat tahapan pada setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 2. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan sangat baik karena bahwa pembelajaran melalui metode NHT dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa, dengan mempermudah siswa dalam berkomunikasi, memahami etika sosial, menghargai perbedaan pendapat dan memiliki antusias dalam pembelajaran IPS, serta menumbuhkan kreativitas siswa. Pelaksanaan penelitian mulai dari perencanaan, tindakan, hambatan, dan upaya. Kendala yang dihadapi adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, alokasi waktu yang yang kurang efisien, rendahnnya minat baca siswa serta minimnya wawasan siswa dan kesulitan dalam pengelolaan kelas. Upaya mengatasi hal tersebut adalah manajemen waktu yang baik pada saat pelaksanaan pembelajaran, sikap guru harus lebih tegas, perlu dukungan dari pihak sekolah dan keluarga. Kata kunci : Numbered Heads Together (NHT), Kecerdasan Interpersonal, pembelajaran IPS

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas dan Kependidikan All Right Reserved