Pembelajaran dikatakan berhasil ketika siswa dapat memahami apa yang
telah diterimanya. Penggunaan model pembelajaran tidak hanya membantu
guru dalam mengajar tetapi juga memudahkan siswa dalam memahami materi
yang dipelajari. Hasil observasi awal di SMA Negeri 2 diperoleh
data bahwa siswa kelas XI IPS 2 masih memiliki masalah dengan aktivitas
dan hasil belajar untuk mata pelajaran sejarah. Ketuntasan belajar
siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 sebelum dilakukan penelitian
sebesar 32,5%, sehingga aktivitas belajar siswa masih rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dapat kelas XI IPS 2 SMA . Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri , subjek penelitian adalah kelas XI IPS 2 yang berjumlah 40 siswa yang akan diteliti aktivitas dan hasil belajar melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan terdiri dari dua siklus. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan soal tes evaluasi. download
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dapat kelas XI IPS 2 SMA . Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri , subjek penelitian adalah kelas XI IPS 2 yang berjumlah 40 siswa yang akan diteliti aktivitas dan hasil belajar melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan terdiri dari dua siklus. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan soal tes evaluasi. download
Advertisement
EmoticonEmoticon