PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi pada anak
kelompok A TK melalui
kegiatan bercerita.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek
penelitian adalah anak Kelompok A TK Karya Rini. Kegiatan
bercerita terutama cerita tentang pengalaman pribadi anak mampu
memunculkan keragaman cerita dalam kelompok. Sikap toleransi yang
dikembangkan adalah menghargai perbedaan dengan bersabar,
mengembangkan sikap tenggang rasa dan menahan emosi ketika melihat
adanya perbedaan melalui proses interaksi selama kegiatan bercerita.
Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan teknik
observasi sebagai alat pengumpulan data serta menggunakan analisis data
deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Langkah-langkah yang digunakan
dalam penelitian adalah dengan melakukan kegiatan bercerita pengalaman
pribadi anak secara klasikal pada siklus I. Dalam kegiatan ini guru
lebih banyak memberikan arahan tentang bagaimana cara menghargai cerita
teman yang berbeda. download
Advertisement
EmoticonEmoticon